Rabu, 15 Desember 2010

Pengalihan Arus Lantas Jelang Semifinal

KARTA - Polda Metro Jaya akan menambah jumlah personel dan melakukan pengamanan yang ketat jelang laga semifinal AFF Cup 2010 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (16/12/2010). Jika diperlukan, pihak kepolisian akan melakukan peengalihan arus lalu lintas di sejumlah jalan sekitar Senayan.

"Pengamanan akan ditambah, jumlah personel yang diterjunkan 1600 orang di sekitar stadion SUGBK. Dari 1600 personel belum termasuk dari kewilayahan Jakarta Barat, Jakarta Selataan, Jakarta Pusat. Ini untul mengantisipasi kemacetan di sekitar sana," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Baharudin Djafar di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Rabu (15/12/2010).

Baharudin menjelaskan dalam pengamanan jelang pertandingan tersebut pihaknya tidak akan melakukan pengalihan arus. Namun jika volume kendaraan sudah dinilai meningkat ataupun berpotensi menimbulkan macet di daerah Senayan, maka pihak Kepolisian akan mulai melakukan pengalihan arus kebeberapa titik.

Pengalihan yang nantinya akan dilakukan memiliki lima alternatif. Alternatif tersebut antara lain yang pertama dengan melakukan penutupan pada flyover Senayan.

"Penutupan ditutup di Jalan Gerbang Pemuda, kendaraan dari arah timur Semanggi lurus menuju Slipi, yang kedua penutupan gerbang masuk pintu VII kendaraan dari arah utara dari arah flyover Senayan diarahkan lurus menuju ke arrah traffic light Lapangan Tembak," ungkapnya.

Alternatif berikutnya yaitu dengan penutupan gerbang masuk pintu VIII, sehingga kendaraan dari arah barat yaitu dari traffic light lapangan tembak diarahkan lurus menuju traffic light Asia Afrika. Selain itu penutupan juga dapat dilakukan di kawasan Taman Anggrek (arah Istora), sehingga kendaraan yang berada di daerah tersebut akan diarahkan menuju traffic light Asia Afrika menuju arah pintu I luar. Cara yang kelima adalah menutup jalan ke arah kolam renang. Kendaraan akan diarahkan menuju pintu V atau ke arah pintu I.

Mantan Kabid Humas Polda Sumatera Utara ini juga menjelaskan bahwa pihaknya juga akan menambah lagi personelnya yang diperuntukan untuk pengamanan VVIP. selain pengamanan tambahan Polda Metro juga bekerja sama dengan Kodam Jaya.

"Khusus pengamanan VVIP berlaku apabila Presiden SBY ikut pengamanan, disamping
personel yang sudah disiapkan, ditambah operasi pengamanan Waskita dan ditambah Pangdam," pungkasnya.

Kendati demikian pihak kepolisian berharap bahwa dalam pertandingan tersebut tidak terjadi kerusuhan antara suporter yang akan merugikan semua pihak. Untuk itu Baharudin menghimbau kepada masyarakat untuuk mengadakan acara nonton bareng di wilayah masing-masing agar tidak menumpuk semuanya di luar stadion.

"Potensi gangguan dari intel, melaporkan tidak ada potensi gangguan, kita tahu ini akan bakalan ramai,sumber disarankan di tempat lain diadakan nonton bareng. Di luar stadion akan dipasang layar lebar, jumlahnya ada dua layar besar ukuran billboard," tandasnyaa....

sumber  : http://bola.okezone.com/read/2010/12/15/51/403857/pengalihan-arus-lalin-jelang-semifinal