Jumat, 24 Desember 2010

Firman Utina Cs Diimbau Pakai Pita Hitam

Surabaya - Tim sepakbola Indonesia akan melawan kesebelasan Malaysia dalam final leg pertama Piala AFF 2010 di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu 26 Desember 2010. Pada tanggal yang sama, enam tahun lalu bencana tsunami meluluhlantakkan sebagian wilayah Aceh.

Untuk itu, masyarakat Aceh berharap agar Firman Utina dan kawan-kawan mengenakan pita hitam di lengan pada saat bertanding melawan Malaysia. Jugaa hening cipta sejenak untuk mengenang derita dan duka yang dirasakan kala itu.

“Aksi hening cipta dan mengikat pita hitam di lengan merupakan bentuk penghormatan terhadap korban tsunami. Ini juga menjadi pertanda bahwa solidaritas di antara rakyat Indonesia terus tumbuh,” kata Sekjen Partai Rakyat Aceh (PRA), Thamren Ananda, salah satu partai lokal yang berpengaruh di Aceh dalam rilis yang diterima beritajatim.com, Jumat (24/12/2010).

Apalagi, setelah tsunami banyak pula warga Aceh yang tinggal dan bekerja di Malaysia. “Sudah selayaknya tim nasional kita sedikit sensitif untuk menghormati ratusan ribu korban meninggal pada peristiwa tsunami pada tahun 2004 lalu,” tegas Thamren.

Duka Aceh yang juga duka Indonesia terjadi pada 26 Desember 2004 lalu. Gempa bumi bawah laut 9,1 skala Richter mengguncaang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara. Sungguh dahsyat getarannya, getaran gempa begitu kuat hingga terasa sampai 1.200 kilometer dari pusat gempa, mencapai Alaska.

Gempa superbesar itu memicu tsunami mematikan. Gelombang gergasi menyapu sejumlah pantai di Samudera Hindia hingga ketinggiaan 30 meter. Lebih dari 230.000 orang tewas dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

sumber : http://bola.inilah.com/read/detail/1088582/firman-utina-cs-diimbau-pakai-pita-hitam