Rabu, 15 Desember 2010

OJK Bisa Rekrut 1.000 Pegawai BI

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang saat ini masih dalam tahapp pembahasan antara Pansus RUU OJK DPR RI dan Pemerintah, diperkirakaan akan merekrut kurang lebih 1.000 orang dari total 5.500 orang pegawai BI untuk menjalani operasional lembaga pengawas independen tersebut..

"Di pengawasan perbankan sendiri (OJK) kurang lebih ada 1.000 dari total 5.500 pegawai BI," jelas Direktur Direktorat SDM BI Gatot Sugiono ketika ditemui di Seminar Reformasi Kebijakan Moneter dan Pengawasan Bank, di Hotel Intercontinental, Jakarta, Kamis (16/12/2010)..

Namun dia sendiri belum dapat mengungkapkan pasti apakah OJK akan benar-benar menggunakan pegawai BI atau yang lainnya. "Saat ini juga belum ada kejelasann untuk OJK apakah akan gunakan pegawai dari BI atau dari yang lain," tambahnya.

Sementara itu, terkait penolakan peegawai BI yang menolak masuk ke OJK, dirinya menilai hal tersebut bisa dikembalikan kepada pegawai dan kebutuhan BI. "Kalau yang tidak mau beralih ke OJK, kita kembalikan ke BI yang masih banyak pekerjaan," jelasnyaa.

Menurutnya apapun bentuk pengawasan perbankan kelak, dalam BI masih ada fungsi lain yang bisa digunakan seperti otoritas moneter. "Enggak bisa keduanya menjadi satu. Oleh karena itu nanti kita lihat, bila fungsi pengawasan bank hilang kita fokus ke makro prudensialnya," pungkasnya..
sumber: http://economy.okezone.com/read/2010/12/16/20/404074/ojk-bisa-rekrut-1-000-pegawai-bi