Sabtu, 18 Desember 2010

Green GT, Mobil Balap Ramah Lingkungan

Swiss - Selama ini mesin kencang pada dunia balap selalu indentik dengan mesin yang boros bahan bakar. Tapi Green GT sepertinya ingin mengubah paradigma itu dengan menciptakan sebuah mobil balap ramah lingkungan.

Mobil ini diperkenalkan produsennya dari Swiss yakni Greent GT di Ecole Polytechnique de Lausanne, Swiss. Mobil balap hijau dipersenjatai oleh motor listrik ini bahkan sudah memenuhi standar mobil balap yang ditetapkan oleh FIA.

Tapi meski tergolong efisien dalam konsumsi bahan bakar, kemampuan dan kecepatan Green GT tidaklah bisa disepelekan. Sebab mobil ini tetap dapat berlari kencang.

Tubuh mobil ini dibuat dari bahan karbon ringan dengan sasi komposit yang
membuat bobot mobil ini hanya 980 kg saja. Dari dua motor listrik yang
digendongnya, Green GT mampu memproduksi tenaga hingga 450-500 hp di putaran torsi 2.400 Nm.

Tenaga ganas yang dimiliki Green GT disimpan dalam baterai lithium ion polimer yang dikembangkan khusus untuk mobil listrik berperforma tinggi. Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan satu set panel surya yang digunakan untuk mencari tenaga tambahan.

"Dikembangkan dan diproduksi di Swiss, Green GT menunjukkan bahwa mobil listrik dapat menawarkan tingkat kinerja yang sama dengan mobil yang menggunakan mesin pembakaran internal," demikian kata Greent GT yang memproduksi mobil ini seperti dilansir autoevolution, Jumat (17/12/2010).

sumber : http://oto.detik.com/read/2010/12/17/153851/1527363/648/green-gt-mobil-balap-ramah-lingkungan