Selasa, 21 Desember 2010

Beras Terus Naik, Pemerintah Genjot Operasi Pasar

Jakarta - Harga beras kian hari kian mahal saja. Pemerintah pun akan terus melaksanakan operasi pasar untuk menurunkan harga dan menjagaa kualitas beras di beberapa daerah di Indonesia.  

"Jadi ini semua langkah-langkah dalaam menstabilkan dan menekan kenaikan harga beras," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (21/12/2010).

Mari mengatakan Badan Urusan Logistik (Bulog) masih memiliki persediaan sekitar 300.000 ton untuk meneruskan operasi pasar.  

Operasi pasar tersebut, lanjut Mari, dilakukan di setiap daerah berdasarkan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di daerah tersebut. Mari menambahkan, pemerintah juga akan membagikan beras untuk rakyat miskin untuk penyaluran ke-13 pada Desember 2010.  

Operasi pasar yang telah berlangsung di DKI Jakarta menurut Mari telah berhasil menurunkan harga hingga Rp 200-300 per kilogram. Operasi pasar ini pun, menurut dia, sudah menggunakan beras premium sampai lima persen.

"Jadi kita akan perbaiki terus targetting operasi pasatnya," janji Mari.  

Sedangkan untuk di daerah lain seperti Yogyakarta, Mari mengaku operasi pasar yang disalurkan langsung ke lima pasar memang belum menurunkaan hargaa namun baru sebatas mencegah terjadi kenaikan harga lagi.

sumber : http://www.detikfinance.com/read/2010/12/21/140736/1529794/4/beras-terus-naik-pemerintah-genjot-operasi-pasar