Rabu, 22 Desember 2010

Avanza-Xenia Paling Terkena Dampak Pembatasan BBM!

Jakarta - Pembatasan BBM subsidi akan berdampak cukup besar pada mobil-mobil seharga Rp 100-150 juta. Itu berartii mobil-mobil seperti Avanza dan Xenia-lah yang akan paling banyak terkena imbas dari kebijakan pemerintah tersebut.

"Karena pasar ini yang paling besar. Avanzaa-Xenia saja menguasai 33 persen dari pasar otomotif Indonesia," ungkap Presdir PT Mazda Motor Indonesia Yoshiya Horigome dalam gathering akhir tahun di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (21/12/2010).

Lebih lanjut Horigome mengatakan kalau pemilik mobil kelas lain kemungkinan besar tidak akan terpengaruh terhadap kebijakan yang akan dilakukan pemerintah tersebut. Sebab selain memiliki tingkat ekonomi relatif lebih baik, spesifikaasi mobil saat ini sudah mumpuni untuk menghirup Pertamax sebagai bahan bakarnya.

Sebelumnya Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johny Darmawan menuturkan pengguna Avanza akan mendapat imbas sangat besar terhadap kebijakan pemerintah tersebut. Karena mayoritas pengguna Avanza masih menggunakan BBM bersubsidi.

"Hampir 70 persen pengguna BBM subsidi yaitu Avanza. Tapi kita yakin pola pikir orang berubah dari tadinya boros jadi lebih hemat," ujar Johnny Darmawan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Seperti diketahui, DPR telah menyetujui rencana pembatasan BBM bersubsidi mulai akhir Maret 2011 untuk Jabodetabek. Rencana tersebut dilanjutkan pada 1 Juli 2011 untuk Jawa dan Bali, 2012 untuk Sumatera dan Kalimantan dan seluruh Indonesia pada 2013.

Dengan pembattasan ini seluruh pemilik mobil pelat hitam tidak lagi diperbolehkan membeli Premium. Sementara mobil pelat kuning dan sepeda motor masih diizinkan mengkonsumsi Premium.

sumber : http://oto.detik.com/read/2010/12/22/175005/1531012/648/avanza-xenia-paling-terkena-dampak-pembatasan-bbm