Minggu, 19 Desember 2010

2.500 Warga Haiti Tewas Karena Kolera

PORT AU PRINCE - Jumlah korban tewas akibat wabah kolera yang menyerang Haiti, saat ini telah mencapai 2.500 jiwa. Kondisi ini menepiis harapan jumlah korban tewas akan terus berkurang.

Kementerian Kesehatan Haiti menyebutkan 2.535 warga dilaporkan tewas sejak wabah ini melanda pada pertengahan Oktober lalu. Hampir 57 ribu dari 114.497 orang yang terinfeksi penyakit ini, telah dirawat di rumah sakit. Demikian dilansir AFP, Senin (20/12/2010).

Harapan akan menurunnya jumlah korban menguak pekan lalu, ketika angka kematian menurun saat diketahui 30 orang tewas akibat kolera dalam waktu dua hari. Namun harapan itu pupus ketika hari Minggu 19 Desember diketahui 54 orang tewas sejak 14 Desember lalu. 

Bahkan pada puncak wabah itu menyebar di bulan November, angka kematian terus meningkat tiap harinya yang mencapai 80 orang tewas dalam sehari. 

Wabah kolera yang pertama kali melanda Haiti dalam satu abad terakhir, memicu protes anti pasukan perdamaian PBB bulan lalu. Saat itu warga yang sudah putus asa atas keadaan mereka, menuduh pasukan perdamaian PBB dari Nepal yang dianggap telah membawa wabah itu ke Haiti.

Pasukan Nepal sendiri bereaksi keraaas menghadapi tuduhan ini dan menyatakan tidak ada bukti, pasukan mereka membawa wabah kolera ke Negara Kepulauan Karibia tersebut. PBB pun bergerak cepat menghadapi kasus ini. Penyelidikan atas penyebaran kolera terus dilakukan.

Sebuah tim yang terdiri dari ahli asal Amerika Serikat (AS) dan Haiti menemukan, penyebab wabah tersebut sepertinya dipicu oleh warga dari luar Haiti.
 
sumber : http://international.okezone.com/read/2010/12/20/18/405191/2-500-warga-haiti-tewas-karena-kolera