Rabu, 15 Desember 2010

Pola Baru Perampokan: Pembobolan Brankas

Jakarta - Pembobolaan brankas di sejumlah kantor atau gedung kian marak. Yang terbaru, 4 buah brankas berisi Rp 1 miliar di Gedung Akademik Gizi Departemen Kesehatan, Jl Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, digondol kawanan perampok.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Budhi Irawan mengatakan, pembobolan brankas merupakan pola baru kawanan perampok. Pola pelaku pencurian kini menyasar isi brankas di kantor-kantor dan kampus pada saat situasi lokasi sepi.

"Memang ada perubahan pola, di mana sekaraang mereka memilih menyasar brankas," kata Budhi saat dihubungi wartawan, Kamis (16/12/2010).

Namun, lanjut dia, modus yang dilakukan para pelaku tetap sama. "Modusnya dengan cara membobol pakai linggis," ujarnya.

Begitu pula dengan sasarannya. Namun, pelaku lebih memilih cara-cara yang lebih aman.

"Sasarannya sih sama, uang dan barang berharga. Tapi cara mereka lebih aman, dengan memilih kantor yang cuma dijaga seorang atau dua orang satpam agar tidak berisiko," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gedung Akademik Gizi Departemen Kesehatan di Jalan Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dibobol maling. Para pelaku berhasil membobol 4 brankas di ruang bagian keuangan yang berisi uang sekitar Rp 1 miliar..

Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, Senin (27/9/2010) lalu, kawanan pencuri juga berhasil membobol brankas milik Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI), Depok yang berisi uang tunai Rp 250 juta.

Aksi percobaan pembobolan brankas juga sempat terjadi di Kampus Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu (10/11/2010) dini hari. Namun, pelaku tidak berhasil menjebol brankas tersebut dan hanya mengambil uang Rp 2 juta di toko yang terdapat di basement kampus tersebutt.

sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/12/16/141023/1526388/10/pola-baru-perampokan-pembobolan-brankas