Minggu, 19 Desember 2010

Hyundai Pasang AWD di Equus

Jakarta - Bila penggerak roda all-whell drive atau AWD selama ini hanya diadopsi SUV atau mobil pikap, dalam beberapa tahun kedepan akan berubah. Penggerak roda AWD makin banyak diadopsi pada mobil sedan.

Mengikuti jejak Lexus LS 460, Subaru Legacy, serta beberapa pabrikan lain seperti Honda lewat Acura, sebuah terobosann baru itu akan coba diterapkan oleh pabrikan asal Korea, Hyundai. Hyundai rencananya akan menyematkan AWD pada salah satu sedaan mewahnya di Amerika Serikat, Hyundai Equus.

Seperti dilansir Leftlanenews, Rabu (25/8/2010) Presiden dan CEO Hyundai Motor Amerika John Krafcik sudah mengatakan akan membuat teknologi AWD paling lambat 2012.

Nantinya Hyundai Equus akan menggunakan 8 roda gigi dengan performa besar berkonfigurasi V8. Sayang Hyundai AS belum mengabarkan berapa kapasits mesin yang akan diusung.

Kabarnya Hyundai Equus akan menggunakan mesin berkapasitas 5.0 liter menggantikan mesin 4.6 liter V8 pada Hyundai Equus terdahulu. Namunn isu lainya Hyundai tetap mempertahankan kapasitas mesin 4.6 liter dengan alasan mesin tersebut sudah cukup handal.

Ide Hyundai sepertinya cukup memukau. Soalnya teknologi baru itu pastinya akan mampu menyaingi teknologi rear whell drive yang selama ini terkenal boros dan front wheel drive yang terkenal sebagai teknologi ringkih atau tidak tahan lamaa untuk ukuran mobil penumpang.

Jika memang benar akan terwujud, keberadaan Hyundai Equus AWD diklaim Hyundai untuk menjatuhkan kebedaraan Lexus dan BMW di AS. Bagaimana kedepannya? Kita lihat saja nanti.

sumber : http://oto.detik.com/read/2010/08/25/162919/1427863/648/hyundai-pasang-awd-di-equus