Sabtu, 18 Desember 2010

Honda Lepas Saham di India

New Delhi - Produseen motor Honda akan fokus di pasar motor kedua terbesar di dunia, India. Untuk langkah awal, Honda akan menjual saham mereka di perusahaan joint venture, Hero Honda untuk fokus ke perusahaan yang mereka miliki sepenuhnya yakni Honda Motorcycle and Scooter India.

Saat ini di India ada dua perusahaan besar yang memegang peranan dalam produksi, distribusi dan penjualan Honda. Pertama adalah Honda Motorcycle and Scooter India yang sepenuhnya dimiliki oleh Honda Motor Corp.

Dan satu lagi adalah Hero Honda Motors yang merupakan perusahaan joint venture antara Honda dan perusahaan lokal, Hero.

Dilepasnya 26 perseen saham Honda di Hero Honda Motors cukup membuat kaget. Karena Honda sendirilah yang menggandeng perusaaan lolkal untuk membentuk perusahaan ini pada tahun 1984.

Namun dilepasnya saham Honda malah disambut baik oleh patnernya, Hero. Sebab dengan dominasi yang akan dimilikinya, Hero kini bisa bebas mengekspor motor produksinya setelah selama ini dilarang oleh Honda.

Karena bila Honda melepas 26 persen sahamnya di perusahaan patungan itu, maka kini keluarga Munjal sebagai pemilik Grup Hero akan memiliki 52 persen saham di Hero Honda Motors setelah sebelumnya hanya memiliki 26 persen saja.

"Kami sekarang dapatt memanfaatkan peluang pasar yang beragam, termasuk pasar ekspor yang besar dan kategori dan segmnen produk baru," CEO  Hero Honda Pawan Munjal wartawan di New Delhi seperti detikOto kutip dari Reuters, Jumat (17/12/2010).

Dan setelah melepas sebagian sahamnya di Hero Honda Motors, Honda pun akan langsung fokus ke Honda Motorcycle & Scooter India yang mereka bangun pada tahun 1999 silam. Rencananya Honda akan membangun sebuah pabrik baru untuk Honda Motorcycle & Scooter India.

sumber : http://oto.detik.com/read/2010/12/17/165142/1527499/648/honda-lepas-saham-di-india