Sabtu, 18 Desember 2010

Gangguan Pendengaran di Kalangan Musisi,,,

Jakarta, Pendengaran yang baik merupakaan salah satu modal para musisi untuk dapat menyelaraskan karya musiknya. Namun hingar bingar suara musik yang dihasilkannya tak jaraang justru menghadirkan masalah pada pendengaran.

Gangguan pendengaran paling sering dialami oleh para musisi adalah tinnitus, yang biasanya terjadi karena mendengarkan musik yang keras dan terus menerus. Gangguan ini ditandai dengan suara berdenging di bagian dalam kepala si penderita.

Tinnitus telah banyak menyerang para musiisi dan pekerja konser yang mengurusi tata suara. Selain memicu nyeri hebat di kepala, suara berdenging tentunya sangat mengganggu aktivitas para musisi yang butuh ketelitian tinggi dalam mendengarkan nada-nada yang dibuatnyaa.

Seorang dokter syaraf dari Case Medical Center di Ohio, Dr Maroun T Semaan membenarkan bahwa musik adalah salah satu penyebab tinnitus paling sering. Tidak cuma pada yang bekerja dengan musik, bahkan pengguna iPod atau pemutar musik digital lainnya juga rentan mengalaminya.

"Mendengarkan suara dengan tingkat kebisingan 85-90 desibel selama lebih dari 8 jam sudah pasti akan jadi masalah. Banyak dialami oleh para pemusik," ungkap Dr Semaan seperti dikutip dari AOL Health, Kamis (16/12/2010).

Salah satu musisi yang baru-baru ini didiagnosis menderita tinnitus adalah personel Black Eyed Peas, William James Adams Jr atau dikenal dengan nama panggung will.i.am. Musisi asal Amerika Serikat ini mengaku sering mendengar suara berdenging di telinganyaa.

Tidak diketahui persis seberapa parah tinnitus yang diderita will.i.am, namun Dr Semaan mengatakan salah satu risiko jika tinnitus terus memburuk adalah tuli permanen. Meski beberapa pasien bisa sembuh dengan sendirinya, secara teori belum ada pengobatan standaar untuk mengatasi tinnitus.

Selain will.i.am, musisi dunia yang pernah mengalami tinnitus sudah tidak terhitung jumlahnya. Sebut saja gitaris legendaris asal Inggris, Eric Clapton,, penyanyi Amerika Serikat, Barbra Streisand, gitaris dan penabuh drum grup band Metallica, James Hetfield dan Lars Ulrich dan bahkan komposer asal Jerman, Ludwig van Beethoven.

sumber : http://www.detikhealth.com/read/2010/12/16/163311/1526615/763/gangguan-pendengaran-di-kalangan-musisi