Jumat, 17 Desember 2010

Daihatsu, Suzuki, dan Nissan Lakukan "Recall" di Jepang

Jelang akhir pekan lalu, tiga pabrikan mobil di Jepang, yakni Suzuki, Nissan, dan Daihatsu, melakukaan pemanggilan untuk perbaikan atau recall di negeri sendiri. Di antara ketiga merek itu, jumlah recall Suzuki adalah yang terbesar karenaa secara total digabung dengan produk mereka di pasar India.
Di Jepang, Suzuki Motor Corp (SMC) melakukan recall terhadap 432.366 unit karena masalah kelainan pada sistem air conditioning. Hal ini disampaikan manajemen SMC dan Menteri Transportasi Jepang, seperti dikutip Dow Jones, akhir pekan lalu..

Hasil investigasi dari Menterii Transpotasi menunjukkan bahwa bagian yang rusak menyebabkan dua unit mengalami kebakaran. Sementara itu, pihak Suzuki tidak memberikan komentar apa pun dan menyebutkan detail produknya. Hanya dikatakan, recall ini untuk dua model produksi antara 2005 dan 2009.

Selain di Jepang, Suzuki Maruti India sebelumnya sudah melakukan hal yang sama pada kendaraan kecilnya, A-Star. Jumlahnya mencapaii 100.000 unit. Pemicunya, terdapat kelainan pada bagian tangki bahan bakar.

Di lain pihak, Nissan Motor Co (NMC) mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan recall terhadap 74.415 unit, termasuk yang berada di Mazda. Jumlah tersebut meliputi 10 model, di antaranya Cube, Tiida, dan March produksi 2007 dan 2008 karena problem kabel listrik yang menyambung ke mesin.

Pabrik mobil Jepang lainnya, Daihatsu Motor Co (DMC), juga melakukan recall terhadap 4 model dengan jumlah total 60.774 unit. Dua modell di antaranya adalah Atrai dan Hijet yang disinyalir memiliki gangguan pada kabel elektrik di kantong udara..

sumber : http://duniaotomotif.blogspot.com/2010/02/daihatsu-suzuki-dan-nissan-lakukan.html