Minggu, 30 Januari 2011

Pengguna Mobile App Tak Sengaja Klik Iklan?

SAN FRANSISCO - Ternyata tidak semua pengguna aplikasi benar-benar tertarik dengan iklan yang disajikan di smartphone. Bahkan setengah dari pengguna aplikasi mengaku menyambangi iklan online karena tak sengaja meng-klik.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Harris Interactive, atas permintaan dari Pontiflex, sekira 71 persen pengguna mobile mengaku bahwa mereka lebih menyukai iklan statis, yang tidak membuat mereka harus keluar dari aplikasi yang digunakan. Selama ini para advertiser selalu membanggakan jumlah klik iklan. Padahal pengguna aplikasi sering merasa kesal dengan iklan yang membuat mereka harus keluar dari aplikasi yang digunakan.

"Secara tidak langsung hasil survei ini memperkuat kebutuhan iklan di ponsel untuk tidak menggunakan iklan dengan format klik. Sistem klik ternyata merupakan cara yang tidak efektif untuk menjadi keberhasilan kampanye iklan anda disukai atau tidak. Survei ini menunjukkan hal itu," ujar co-founder dan CEO Pontiflex, Zephrin Lasker, seperti dikutip melalui Cellular News, Senin (31/1/2011).

Lebih lanjut menurut survei tersebut, 95 persen pengguna aplikasi mobile lebih suka menggunakan aplikasi gratisan. Hanya sekira 41 persen responden yang mengaku mau membayar aplikasi.

Dengan tingginya insiden klik yang tidakk disengaja, pengiklan tidak dapat terus menggunakan model pengukuran iklan online tradisional, melalui banner dan klik iklan, sebagai cara untuk menyebarkan dan mengukur keberhasilan iklan mobile. Selain itu, survei menunjukkan bahwa pengiklan harus menempatkan model iklan di-app untuk melibatkan konsumen dengan cara yang konsisten dan sesuai keinginan.

Masih menurut laporan Pontiflex, 61 persen pengguna aplikasi mobile dari 18 hingga 34 tahun mengaku lebih sering meng-klik iklan tanpaa sengaja. Selain itu, dua pertiga dari pengguna aplikasi lebih memilih iklan yang terdiri dari kupon belanja, diskon atau news-letter sebagai format iklan di aplikasi.
sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/01/30/55/419515/pengguna-mobile-app-tak-sengaja-klik-iklan