Senin, 31 Januari 2011

Lesbian Lebih Mudah Dimaafkan Ketimbang Pria Gay

Jakarta, Orientasi seksual seseorang terkadang bisa berubah meski sudah memiliki pasangan lawan jenis. Pria yang memergoki pasangannya lesbian biasanya akan lebih mudah memaafkan, sebaliknya wanita yang memergoki pasangannyaa pria gay tidak mau memaafkannya.

Sebuah penelitian meneemukan bahwa pria 2 kali lebih mau untuk melanjutkan hubungan dengan pasangan wanitanya yang berselingkuh dengan wanita lain alias lesbian, ketimbang selingkuh dengan pria lain.

Namun studi yang dilakukan oleh ilmuwan di University of Texas ini menemukan bahwa wanita menunjukkan pola yang berbeda.

Wanita cenderung mencari pria baru yang heteroseksual ketimbang harus berhubungan lagi dengan pasangan prianya yang homoseksual.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, menawarkan wawasan baru ke dalaam adaptasi psikologis di balik keinginan pria dan wanita untuk berkomitmen.

"Mekanisme cemburu yang kuat diaktifkan oleh pria dan wanita dengan cara yang berbeda," jelas Jaime Confer, penulis utama penelitian dan kandidat doktor dalam psikologi evolusi, dilansir Telegraph, Selasa (1/2/2011).

Mengapa pria dan wanita heteroseksual bisa jadi homoseksual?

Peneliti dari Queen Mary's School of Biological and Chemical Sciences dan Karolinska Institutet di Stockholm menemukan bahwa faktor genetika dan faktor lingkungan bisa memainkan peranan penting dalam membentuk perilaku homoseksual. Temuan ini telah dilaporkan dalam jurnal ilmiah Archives of Sexual Behavior.

Riset yang dilakukan tim yang dipimpin oleh Dr Niklas Langstrom dari Karolinska Institutet menemukan faktor lingkungan lebiih berpengaruh ketimbang gen. Faktor lingkungan punya pengaruh hingga 64 persen.

Meskipun seseorang tidak memiliki gen homoseksual, ia bisa saja mengembangkan perilaku seks sejenis jika faktor lingkungannya mendukung. Contohnya sering melihat perilaku sesama jenis yang diperlihatkan dimuka umum. Karena itu bisa dibilang bahwa perilaku homoseksual ini dapat menular ke orang lain.

Ciri-ciri orang yang memiliki orientasi seksual yang menyimpang adalah:
  1. Punya perasaan yang berubah-ubah terhadap lawan jenis, kadang suka atau kadang tidak. Kalau yang normal dengan lawan jenis suka.
  2. Tidak mempedulikan stereotip atau pandangan orang lain
  3. Memahami perilaku homoseksual dan heteroseksual
  4. Memiliki keinginan seks yang lebih kuat terhadap orang berjenis kelamin sama
  5. Lebih sering berfantasi seks dengan sesama jenis saat melakukan masturbasi
  6. Merasa malu jika melihat adegan ciuman sesama jenis, kalau orang normal biasanya cenderung marah.
sumber : http://health.detik.com/read/2011/02/01/114147/1557812/763/lesbian-lebih-mudah-dimaafkan-ketimbang-pria-gay