Minggu, 21 Agustus 2011

Perempuan Jangan Remehkan Kanker Paru sebagai Penyakit Pria

Kanker paru mungkin lebih dikenal sebagai penyakit laki-laki, karenanya masih banyak perempuan yang meremehkan penyakit ini. Tapi studi menemukan risiko perempuan terkena kanker paru terbilang tinggi.
http://images.detik.com/content/2011/08/22/763/paru1-dalam-ts.jpg
Peneliti menemukan banyak perempuan yang mempertaruhkan hidupnya karena tidak menyadari bahwa dirinya lebih mungkin meninggal akibat penyakit kanker paru dibanding bentuk penyakit lainnya.

Roy Castle Lung Cancer Foundation menemukan kanker payudara dan kanker serviks merenggut 13.000 nyawa setiap tahun, tapi kanker paru bertanggung jawab terhadap kematian 15.000 perempuan.

Para ahli memperingatkan perempuan untuk waspada jika mengalami batuk yang terus menerus. Hal ini karena masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa kanker paru juga bisa mematikan.

Selain itu survei yang dilakukan terhadap 2.000 perempuan menemukan bahwa sebagian besar perempuan berpikir sekitar 20-40 persen pasien kanker paru masih bisa bertahan hidup selama 5 tahun, padahal kenyataannya hanya sebesar 9 persen saja.

"Fakta yang ada menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan tidak menyadari bahwa diagnosis terhadap kanker paru adalah salah satu hal yang serius dan butuh kepedulian yang nyata," ujar Dr Marianne Nicolson, Consultant Medical Oncologist, Aberdeen NHS Grampian, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (22/8/2011).

Dr Nicolson menuturkan kebanyakan perempuan tahu bagaimana cara melakukan pemeriksaan diri terhadap tanda-tanda kanker payudara seperti mengamati adanya benjolan, serta mencari bantuan medis jika menemukan adanya masalah. Tapi hanya sedikit perempuan yang mencari bantuan medis jika timbul gejala dari kanker paru seperti batuk yang konstan.

"Karenanya saya mendesak para perempuan yang merokok untuk mempertimbangkan kemungkinan berhenti serta mewaspadai gejala yang timbul dan berkonsultasi sedini mungkin jika memiliki masalah," ujar Dame Judi Dench dari Women Against Lung Cancer.

Beberapa gejala yang berhubungan dengan kanker paru antara lain gangguan pernapasan seperti batuk, sesak napas, mengi, nyeri dada, dan batuk darah (Hemoptisis). Dan umumnya kanker ini tidak menunjukkan gejala apapun yang terlihat dari luar jika pertumbuhan selnya belum parah.