Selasa, 23 Agustus 2011

Bradley Smith Akan Gantikan Edwards Atau Crutchlow?

Bursa transfer rider untuk MotoGP 2012 semakin panas terutama untuk tim satelit. Selain Honda yang masih belum menentukan nasib Andrea Dovizioso dan Marco Simoncelli, kubu Yamaha juga masih punya peluang menghadirkan pembalap baru. Bukan di tim utama tentunya tetapi di tim satelit Yamaha Tech 3. Benarkan Bradley Smith akan menjadi salah satu rider mereka?
Bradley Smith Bradley Smith Akan Gantikan Edwards Atau Crutchlow?
Smith saat ini menjadi salah satu rider tim Tech 3 di kelas Moto2. Runner-up kelas 125cc itu telah berhasil meraih tiga podium dan satu pole position selama sepuluh balapan pertamanya dengan motor Moto2 Tech 3.
Rider 20 tahun itu sempat berada di peringkat ketiga dalam kelasemen sementara sebelum kemudian tergelincir ke urutan ketujuh akibat DNF dalam dua seri terakhir. Namun ia masih unggul 71 poin dari rekan setimnya dan mantan juara dunia 125cc Mike di Meglio, dimana tahun 2011 ini merupakan musim keduanya di kelas Moto2.
“Aku sedang dipertimbangkan oleh Tech 3 untuk bergabung di tim MotoGP mereka musim depan,” tulis Smith dalam kolom terbarunya untuk Crash.
“Tidak ada yang akan diselesaikan setidaknya sampai setelah balapan di Misano dalam waktu tiga minggu. Saya banyak berpikir untuk melakukan dan membuat keputusan.”
“Saya 20 tahun dan akan lebih dipertimbangkan untuk kelas elit adalah kehormatan besar. Saya juga harus mempertimbangkan tinggal di Moto2 selama satu tahun lagi dan berjuang untuk gelar juara.”
Tim Monster Yamaha Tech 3 saat ini memiliki Colin Edwards dan Cal Crutchlow dalam skuad mereka. Kontrak Edwards berakhir pada akhir tahun ini. Namun rider veteran asal Amerika itu punya prestasi yang lumayan bagus musim ini. Ia sukses naik podium di Silverstone dan merupakan rider tim satelit teratas di kelasemen sementara (kesembilan).
Sedangkan sang rookie Cal Crutchlow memiliki kontrak dua tahun, tapi awal yang kuat dalam karir grand prix-nya terganggu oleh cedera di Silverstone dan serentetan kecelakaan berikutnya. Hal ini telah mendapat kritik terbuka dari sang bos tim Herve Poncharal.
Rider Yamaha WSBK Eugene Laverty dan pimpinan kelasemen sementara Moto2 Stefan Bradl juga sempat diisukan bakal digaet oleh satu-satunya satelit Yamaha itu. Belakangan rumornya, Bradl lebih tertarik dengan Honda dan dikabarkan bakal jadi team-mate Dovizioso di tim LCR.