Minggu, 21 Agustus 2011

LG Tawarkan Monitor 3D Bebas Kedipan

LG Electronics Indonesia (LGEIN) secara resmi memperkenalkan monitor Cinema 3D bagi pasaran Indonesia dengan seri LG D2342P.
http://i.okezone.com/content/2011/08/21/57/494408/Xm4XM9lbA7.jpg
LG D2342P ini merupakan monitor 3D berdimensi layar 23 inch yang menawarkan kenyamanan tampilan 3D dengan layar lebih cerah dan bebas kedipan (Flicker-Free) bagi penggunanya. 

"Meskipun saat ini perangkat berbasis 3D menjadi teknologi yang sangat digemari, banyak calon pengguna menunda keinginan untuk memilikinya karena ganjalan kekhawatiran pada kenyamanan penggunaan dan harga," ujar Hady Winoto, Head of IT Product Manager PT.LG Electronics Indonesia, seperti dikutip melalui keterangan resminya, Minggu (21/8/2011).

"Teknologi pada LG Cinema 3D monitor memungkinkan kami untuk meminimalisir seluruh ganjalan ini. Kualitas gambar lebih canggih, kacamata lebih nyaman dan harga kompetitif akan membuatnya menjadi idola baru bagi monitor 3D di Indonesia," ujarnya lagi.

Seluruh keunggulan ini tak lepas dari terapan teknologi Film Patterned Retarder (FPR) yang dibenamkan pada LG Cinema 3D monitor. Menggunakan lapisan khusus pada layar monitor yang mereproduksi efek 3 dimensi, alat bantunya hanyalah kacamata dengan lensa terpolarisasi (polarized lens). Dengan teknologi FPR, kedua mata menangkap sinyal dari monitor secara bersamaan.

Metode ini jauh berbeda dengan teknologi shutter glasses yang diterapkan pada monitor 3D yang beredar di pasaran hingga kini. Kerja teknologi shutter glasses mengandalkan kacamata berlapisan khusus, Liquid Crystal glasses.

Dengan dukungan daya baterai, kacamata ini menangkap pancaran sinyal dari layar monitor secara bergantian oleh mata kiri dan kanan pada ritme tertentu, sementara layar monitor menayangkan perspektif berbeda dari gambar yang sama. Proses inilah yang menstimulasi otak memunculkan efek 3 dimensi.

Disamping bebas dari efek kedipan (flicker-free) kenyamanan penggunaan LG CINEMA 3DTM monitor juga hadir dari penggunaan kacamata 3D yang nyaman dan ringan. Dengan berat total kacamata hanya dalam kisaran 16 gram, kacamata LG CINEMA 3DTM monitor tiga kali lipat lebih ringan dibanding berat kacamata 3D shutter glasses.

 Salah satunya karena kacamata LG CINEMA 3DTM monitor tak memerlukan daya baterai dalam pengoperasiannya. Alhasil, disamping membebaskan pengguna dari kerepotan mengisi ulang baterai (recharge), kacamata LG CINEMA 3DTM monitor juga meminimalisir kekhawatiran dampak gelombang elektromagnetik.

Pengguna LG CINEMA 3DTM monitor pun semakin dimudahkan dengan kompatibilitas besar dari monitor 3D ini. Tak seperti monitor 3D konvensional yang menggunakan teknologi shutter glasses yang baru dapat bekerja optimal dengan spesifikasi tinggi dari kartu memori, CPU dan RAM, LG CINEMA 3DTM monitor bekerja dengan semua kartu grafis dan kompatibel dengan sistem operasi PC rumahan populer.

Soal harga pun, LG CINEMA 3DTM monitor masih terbilang terjangkau. Calon pengguna cukup menyediakan sejumlah Rp3,450 Juta untuk meminang kenyamanan yang ditawarkannya.

Harga tersebut pun sudah termasuk dua unit kacamata 3D dalam paket penjualannya. Bahkan, salah satu kacamata 3D sengaja didesain untuk dapat dikaitkan pada kacamata baca yang bakal memudahkan bagi mereka yang memiliki gangguan dalam penglihatan.