Jumat, 26 Agustus 2011

Rossi: Pembalap Akan Memiliki Banyak Pengaruh Jika Bersatu

Pro kontra perihal berlangsungnya MotoGP Motegi terus bergulir. Pasca pernyataan Lin Jarvis -atas nama Yamaha- yang menyatakan akan mendukung berlangsungnya GP Jepang di sirkuit Motegi, berbagai pernyataan menentang berlangsungnya seri tersebut tetap mengalir. Bahkan dari kubu Yamaha sendiri.
Rossi Indianapolis Rossi: Pembalap Akan Memiliki Banyak Pengaruh Jika Bersatu
“Saya akan mengambil keputusan sejauh mungkin ke depan. Masalahnya adalah tidak memiliki informasi lebih tetapi percaya atas apa yang diberitahu,” ungkap Jorge Lorenzo seperti dikutip oleh GPone.
Ada kesan menggantung dari pernyataan tersebut. Pernyataan lebih tegas kemudian datang dari rekan satu timnya Ben Spies.
“Kami pergi dalam 300 (km) per jam dan tidak takut. Tapi itu adalah masalah lain: pertama, dalam hal itu situasi berada di bawah kendali saya, dan kemudian saya memutuskan saya akan pergi. Adapun Motegi, bagaimanapun, saya tidak merasa nyaman. Di belakang pikiran saya selalu ada keraguan yang mungkin menyakiti saya, bukannya saya tidak percaya apa yang saya tahu, hanya saja apa yang dikatakan tidak aman seratus persen. Dan kemudian ada pertanyaan lain untuk ditanyakan: apakah sangat berharga untuk mengambil risiko ini hanya untuk balapan motor?”
Sepertinya ada baiknya para rider MotoGP mendengar anjuran Valentino Rossi. Rider Italia itu yakin semua rider sebenarnya tidak ingin pergi ke Motegi. Hanya saja tim-tim yang disokong oleh pabrikan asal Jepang mendapat tekanan untuk mendukung balapan tetap berlangsung. Jika para pembalap bersatu, Rossi yakin mereka tidak akan diharuskan balapan dengan perasaan yang tidak nyaman.
“Mereka Yamaha dan kita Ducati. Hanya meninggalkan Honda. Selain dari kepentingan khusus dari beberapa orang, kebenaran adalah bahwa tak seorang pun ingin pergi. Pendapat saya? Saya hanya bisa mengkonfirmasi apa yang saya katakan di Brno (“Saya takut pergi ke sana, anggota tim saya takut, dan teman-teman saya takut,” red). Meskipun saya masih belum membuat keputusan, dan itu juga karena ketika saya membuat keputusan, saya ingin tetap dengan itu. Beberapa rider berada di bawah banyak tekanan yang sulit untuk dikontrol. Kita harus tetap bersatu. Semoga rasa yang baik akan menang. Jika kita pembalap tetap bersama, kita dapat memiliki banyak pengaruh.”