Selasa, 01 Februari 2011

Torres Datang, Format Main Chelsea Bisa Berubah

London-Masuknya Fernando Torres ke Chelsea diprediksi akan mengubah pola permainan Chelsea di paruh kedua musim ini, tidak hanya dari skema permainan tapi juga sisi formasi.

Sejak kepindahannya dari Inter Milan pada 2009, pelatih Carlo Ancelotti telah memutuskan meninggalkan formasi kegemarannya 4-1-3-2 seperti semasa ia melatih klub Italia itu.
Hal itu terjadi karena dianggap tidak sesuai dengan cara bermain para pemain Chelsea kala itu. Alhasil Ancelotti menggunakan skema tiga penyerang dengan formasi 4-3-3, pola ini terbilang cukup ampuh dengan menempatkan Salomon Kalou, Nicolas Anelka, dan Didier Drogba berdiri sejajar di lini depan The Blues.
Akan tetapi, setelah hadirnya Torres di Stamford Bridge kemungkinan besar formasi dan skema permainan akan mengalami perubahan.
Karakter Torres yang serupa dengan Drogba sebagai goal getter memaksa Ancelotti untuk mengubah skema permainannya. Drogba yang kembali menemukan ketajamannya kemungkinan besar akan ditandemkan dengan Torres di lini depan dengan posisi agak sedikit ditarik kebelakang.
Sementara itu dari sisi formasi, kemungkinan pelatih asal italia itu akan kembali menerapkan formasi ‘berlian’ 4-1-3-2 dengan menempatkan Drogba dan Torres sebagai mesin gol.
Sedangkan untuk Salomon Kalou agaknya Ancelotti tidak akan menyia-nyiakan kecepatan yang dimiliki pemain asal Pantai Gading itu. Kalou akan mendapatkan peran barunya di lini tengah bersama Essien dan Frank Lampard.
Jika formasi ini benar diterapkan maka otomatis Ancelotti akan mengorbankan satu penyerang lainnya, yaitu Nicolas Anelka. Anelka akan kehilangan perannya di lini depan akibat kehadiran Torres.

sumber : http://bola.inilah.com/read/detail/1198882/torres-datang-format-main-chelsea-bisa-berubah