Rabu, 02 Februari 2011

Rangking FIFA: Indonesia Turun Peringkat

JAKARTA - Tidak adanya jadwal pertandingan, membuat posisi Indonesia mengalami penurunan. Dalam ranking teranyar FIFA, bulan Februari ini, Indonesia harus puas menempati peringkat 129.

Dirilis dari situs resmi FIFA, Kamis (3/2/2011), timnas Indonesia yang bulan lalu menempati urutan 126, harus melorot tiga strip ke posisi 129. Penurunan ini sendiri dikarenakan tidak adanya pertandingan internasional yang diikuti skuad besutaan Alfred Riedl selepas tampil di final AFF Suzuki Cup, Desember silam.

Meski mengalami penurunan peringkat, namun posisi Indonesia masih terbilang cukup baik bila dibandingkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Firman Utina dkk menempati posisi dua di bawah Thailand yang menempati peringkat pertama. Thailand sendiri sebenarnya juga mengalami penurunan peringkat dalam ranking terbaru ini. Skuad besutan Bryan Robson menempaati posisi 120, dari sebelumnya 119.

Posisi Indonesia masih lebih baik dari beberaapa negara kuat di Asia Tenggara lainnya seperti juara AFF Suzuki Cup, Malaysia yang menempati urutan 140 (posisi empat ASEAN). Vietnam yang mengalami peningkatan, berada di urutan 134 (ketiga ASEAN). Sementara Singapura berada di posisi 142.

Sementara itu, di daftar 10 besar teratas tidak mengalami banyak perubahan. Spanyol masih berada di posisi teratas, diikuti Belanda, Jerman dan Brasil. Perubahan hanya terjadi di posisi sepuluh yang sebelumnya ditempati Mesir. Posisi Mesir yang kini tengah dilanda krisis politik, melorot ke peringkat 33. Posisi Mesir digantikan Yunani yang menempati urutan 10.

Kebalikan dari Mesir, Jepang justru mengalami peningkatan signifikan. Tim Samurai Biru yang baru saja memenangi Piala Asia 2011, berhasil naik 12 tingkat. Skuad besutan Alberto Zaccheroni kini menempati peringkat 17 (posisi teratas di kawasan Asia).

Berikut daftar 10 besar FIFA:
1. Spanyol
2. Belanda
3. Jerman
4. Brasil
5. Argentina
6. Inggris
7. Uruguay
8. Portugal
9. Kroasia
10. Yunani
-
13. Italia
-
129. Indonesia 
sumber : http://bola.okezone.com/read/2011/02/03/51/420899/rangking-fifa-indonesia-turun-peringkat