Rabu, 02 Februari 2011

Menteri BUMN Kumpulkan Komisaris Pertamina Bahas Isu Karen




Jakarta - Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengumpulkan jajaran komisaris PT Pertamina (Persero) untuk membahas kabar santer soal rencana pergantian Direktur Utama Karen Agustiawan dan kepindahannya menjadi Menteri ESDM.

Para komisaris yang hadir antara lain Komisaris Utama Sugiharto, lalu komisaris lainnya Evita Herawati Legowo, dan Wakil Komisaris Utama Umar Said memenuhi panggilan rapat pukul 19.00 WIB.

Usai rapat, Mustafa mengatakan, dirinya mengkonfirmasi kepada para komisaris tentang isu pergantian dan pengunduran diri Karen sebagai Dirut Pertamina.

"Jam 7 malam tadi Komisaris Pertamina hadir di BUMN terkait isu yang berkembang tadi. Tidak ada yang tahu Bu Karen mundur atau tidak. Memang ada fit and proper test tapi untuk calon Direktur Hulu Pertamina. Saya undang merekaa jam 7 tapi baru datang jam 8. Sebenarnya ini pertemuan rutin saja," kata Mustafa usai rapat tersebut di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (2/2/2011).

Usai pertemuan tersebut, Komisaris Utama Pertamina Sugiharto juga mengatakan pertemuan dengan Menteri BUMN tersebut membahas soal kondisi dan situasi terkini Pertamina. Dia mengaku tak tahu soal kabar pergantian atau mundurnya Karen.

"Kalau Menteri ESDM bakal diganti tanya Presiden. Pergantian Dirut urusan pemegang saham, saya tak patut komentar," kata Sugiharto.

Kemudian Umar Said juga mengataakan tak tahu menahu soal isu pergantian Karen sebagai Dirut Pertamina dan pergantian Menteri ESDM. "Pergantian dan pengunduran diri itu tidak ada, isu dari mana?" kata Umar.

Sebelumnya santer dikabarkan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan akan diganti. Namun Karen diisukan bakal segera menjabat sebagai Menteri ESDM dan akan dilantik presiden hari Jumat ini.

Ada dua calon kuat yang akan menggantikan Karen. Keduanya adalah Triharyo Soesilo yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Pertamina dan Mantan Direktur Investment Planning & Risk Management Pertamina Ferederick ST Siahaan.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari Istana mengenai kabar penggantian Darwin Zahedy Saleh oleh Karen Agustiawan. Yang jelas, saat ini rencana pergantian dirut Pertamina dan kabar mundurnya Karen dari dirut Pertaminaa menjadi perbincangan serius di kalangan pebisnis migas dan politisi.

sumber : http://www.detikfinance.com/read/2011/a2/02/225544/1559520/4/menteri-bumn-kumpulkan-komisaris-pertamina-bahas-isu-karen