Selasa, 01 Februari 2011

Desain Chip Sandy Bridge Cacat, Intel Hentikan Pengapalan

SANTA CLARA - Kerusakan pada desain chip seri 6 dari prosesor anyar, Sandy Bridge, memaksa Intel menghentikan pengapalan, Senin (31/1/2011) waktu setempat.

Chip yang rusak itu digunakan pada prosesor generasi terbaaru Sandy Bridge, yang diperkenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2011 lalu. Intel telah menghentikan pengapalan produk yang cacat itu dan berencana melakukan desain ulang.

Intel menemukan permasalahan desain pada chip seri 6, dengan kode Cougar Point, yang mulai dikapalkan pada 9 Januari. Diketahui, port Serial ATA (SATA) dalam chip rentan mengalami kerusakan sehingga berdampak pada performa atau fungsi penyimpanan perangkat seperti hard drive, demikian seperti dilansir Macworld, Selasa (1/2/2011).

"Intel berharap bisa mulai mengirimkan versi revisi chip tersebut. Akhir Februari hingga April nanti masalah ini terselesaikan. Intel bertanggung jawab atas produk-produknya dan berkomitmen menjaga kualitas produk tersebut," demikian pernyataan Intel.

Kendati hanya menarik chip yang dikapalkan awal Januari, permasalahan ini disinyalir bakal membuat Intel kehilangan pendapatan hingga USD300 juta pada kuartaal pertama 2011. Namun Intel berkeras, kesalahan desain chip ini tidak akan berdampak besar pada pendapatan per tahun mereka.

Ini merupakan tamparan keras untuk Intel, yang selama ini dikenal selalu memproduksi desain chip tanpa cela.

"Apakah masalah ini mengubah persepsi orang-orang terhadap kualitas Intel? Mungkin saja," cetus analis Patrick Wang.

"Anda memiliki produk yang sudah diuji dan memperoleh laampu hijau. Kemudian, anda kembali dan mengatakan bahwa produk itu memiliki masalah sehingga anda harus menariknya kembali," pungkas Wang.
sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/02/01/324/420365/desain-chip-sandy-bridge-cacat-intel-hentikan-pengapalan