Jumat, 19 Agustus 2011

Praktis Bepergian Bersama Bayi

LIBUR Lebaran! Yeyy... Saat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tersayang. Entah itu bersilaturahmi mengunjungi sanak famili, atau sekadar berjalan-jalan keluar kota.
http://i.okezone.com/content/2011/08/19/196/494039/5YNnyTYpJq.jpg
Bagi Moms yang memiliki bayi di atas 6 bulan dan memutuskan bepergian dengan mobil, mungkin sedikit lebih repot dari biasanya. Hehe... Tak usah panik, ikuti tipnya di bawah ini:

Ayo berkemas!
“Wah, barang si kecil sendiri aja sudah 3 koper..” begitu pikir Moms sambil geleng-geleng kepala. Memang, terkadang sulit untuk memutuskan mana yang perlu dibawa. Rasanya semua penting. Eits! Coba cek perlengkapan di bawah ini, mungkin ada yang terlewat atau malah tak perlu dibawa:

1. Siapkan pakaian si kecil, misal: baju, celana panjang, kaos singlet, topi, sweater, dsb. Sesuaikan dengan cuaca di daerah tujuan, apakah panas atau dingin. Pun atur jumlahnya sesuai dengan lamanya menginap.

2. Perlengkapan makan dan minum: termos air panas, botol susu, susu formula, piring, mangkok, sendok, waslap.

3. Perlengkapan mandi: handuk, sabun, dan sebagainya.

4. Siapkan camilan instan atau camilan praktis untuk bayi yang telah makan MPASI. Bisa juga buah yang sudah dipotong kecil atau sudah dijus sehingga mudah untuk langsung dikonsumsi.

5. Popok atau diaper.

6. Tisu basah dan kering.

7. Bantal, guling, mainan, CD lagu anak-anak.

8. Obat-obatan. Yang dipersiapkan adalah obat-obatan sederhana yang telah diresepkan oleh dokter anak, biasanya obat penurun panas, obat batuk,  vitamin (mengingat ukuran dosis obat tiap bayi berbeda dan tidak semua apotek di sepanjang perjalanan menyediakan obat yang biasa si kecil asup).

9. Satu tas khusus untuk di mobil - di luar semua tas yang telah dipersiapkan - yang berisi semua keperluan si kecil untuk sekali pakai, antara lain: baju ganti, pembersih BAB dan BAK, semua persiapan minum dan makan beserta dengan obat-obatan yang telah direkomendasikan oleh dokter anak sebelum berangkat.

Saat di mobil...
Ketika berada dalam mobil, usahakan si kecil nyaman agar tidak rewel sepanjang perjalanan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Atur tempat nyaman untuk si kecil di kursi tengah mobil. Sisakan ruang yang cukup lega dengan menggunakan bed cover atau alas empuk lainnya. ‘Ruang’ ini nantinya berguna untuk mengganti diaper-nya ketika di perjalanan si kecil BAB atau BAK.

2. Gunakan car seat untuk keamanan dan kenyamanan si kecil. Boleh juga si kecil Moms pangku, namun usahakan senyaman mungkin baginya. Pastikan si kecil tidak pegal selama perjalanan, begitu juga dengan Moms yang memangkunya.

3. Jika ia banyak beraktivitas selama di mobil, gunakan pakaian yang longgar, berbahan nyaman (mudah menyerap keringat seperti katun). Siapkan pula beberapa baju ganti jika sudah berkeringat.

4. Cek diaper setiap 3-4 jam sekali, jika BAB harus langsung dibersihkan.

5. Membersihkan BAB boleh memakai tisu basah namun jangan terlalu sering karena bisa menimbulkan iritasi. Bawalah botol air mineral untuk membersihkan BAB si kecil selama perjalanan atau sediakan banyak kapas basah yang sebelumnya sudah direbus dengan air matang untuk membersihkannya.

6. Siapkan segala sesuatu yang menyenangkan bagi si kecil, seperti bantal, guling, boneka atau mainan kesayangannya, juga musik anak-anak.

7. Jika melakukan perjalanan jauh, istirahat lah tiap 4 jam sekali di rest area. Lamanya waktu istirahat bergantung kesepakatan Moms and Dads, cukup fleksibel

8. Berikan camilan untuk si kecil agar ia tenang di mobil.

9. Siapkan buku gambar atau buku cerita agar ia merasa tidak jenuh dan tetap merasa tak jauh berbeda dengan situasi di rumah.

10. Jika melakukan perjalanan malam hari, gunakan piyama, jaket, kaos kaki dan selimut agar bayi terhindar dari dingin.

Tunda bepergian bila...
1. Bayi dalam keadaan sakit

2. Tidak mendapatkan kendaraan yang nyaman. Walaupun tidak ada keharusan menggunakan suatu moda transportasi pada saat bepergian bersama si kecil, tetapi tidak disarankan penggunaan motor untuk perjalanan jauh. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)