Sabtu, 20 Agustus 2011

Peta Antartika Dapat Prediksi Peningkatan Laut

Penelitian yang didanai NASA telah menemukan formasi es baru yang bergerak di Antartika. Peta ini dibuat untuk memprediksi peningkatan laut di masa depan.
http://i.okezone.com/content/2011/08/20/56/494197/Lc5mTfhVnZ.jpg
"Peta, yang dibuat dengan menggunakan pengamatan radar yang terintegrasi dari konsorsium satelit internasional ini menunjukkan gletser mengalir ribuan kilometer dari jantung benua ke area pantai. Ini merupakan hal penting untuk melakukan prediksi peningkatan permukaan laut di masa depan sebagai efek perubahan iklim," jelas pihak NASA.

"Kami melihat aliran yang menakjubkan dari jantung benua yang belum pernah dijelaskan sebelumnya," ujar Eric Rignot dari Laboratorium NASA Jet Propulsion.

Seperti dikutip TG Daily, Sabtu (20/8/2011), tim menggunakan miliaran titik data yang ditangkap oleh satelit Eropa, Jepang, dan Kanada, untuk melihat kondisi awan, cahaya matahari dan tekstur tanah yang tertutup gletser di masa lalu.

Data dari seluruh satelit kemudian disatukan berdasarkan bentuk dan kecepatan formasi glasial (interval waktu pada zaman es yang berkaitan dengan suhu dingin), termasuk Antartika bagian Timur yang sebelumnya belum terpetakan, dengan luas permukaan mencapai 77 persen dari benua tersebut.

Tim terkejut saat peta itu selesai dibuat. Mereka menemukan bukit baru yang terbelah dengan luas permukaan hingga 5,4 juta mil persegi yang bergerak dari timur ke barat.

Mereka juga menemukan formasi pergerakan es sampai 800 kaki per tahun menuju ke Samudera Antartika dengan pergerakan yang berbeda dari model masa lalu dalam migrasi es.

"Jalur peta ini secara mendasar menjelaskan bahwa es bergerak ke sepanjang permukaan tanah," kata Thomas Wagner, krysopherik Program ilmuwan NASA di Washington.

"Ini merupakan pengetahuan penting untuk memprediksi kenaikan permukaan laut di masa depan," tutup Wagner.