MILTON KEYNES - Adrian Newey berkeras, mobil baru Red Bull pada musim kompetisi 2011 hanya akan meneruskan desain mobil sebelumnya. Kepala teknisi 52 tahun sama sekali tak berniat mengambil langkah revolusioner terhadap RB7.
Kesuksesan Red Bull memborong gelar juara ganda tahun ini tidak lepas dari kontribusi penting Newey, yang telah memberikan desain mobil kompetiitif. Tak ayal, meski terdapat beberapa perubahan, seperti KERS yang kembali digunakan serta larangan double diffuser, Newey tidak ingin mengambil risiko menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.
"(Desain mobil baru Red Bull) adalah pengembangan lebih lanjuut dari produk yang kami miliki. DNA mobil ini akan kami pertahankan," jelas Newey seperti dikutip Motorsport, Kamis (30/12/2010).
"RB6 pun pada dasarnya adalah pengembangan dari mobil sebelumnya. Jadi, setiap mobil akan bertransformasi menuju desain selanjutnya," tambah pria yang juga pernah bekerja untuk McLaren.
Keputusan Newey memberikan sayap depan pada RB6 milikk Sebastian Vettel dan Mark Webber sempat menimbulkan kontroversi. Kecepatan Vettel dan Webber di lintasan sempat membuat tim-tim rival mempertanyakan legalitas desain tersebut.
Newey sendiri rupanya tak keberatan jika hal itu terulang pada musim depan. "Saya harap demikian! Jika itu terjadi, artinya, lagi-lagi kamii melakukan pekerjaan dengan bagus," ungkapnya.
"Jika anda tampil terdepan di ajang F1, semua orang akan selalu berpikir anda telah berbuat curang," tuntas Newey santai.
Kesuksesan Red Bull memborong gelar juara ganda tahun ini tidak lepas dari kontribusi penting Newey, yang telah memberikan desain mobil kompetiitif. Tak ayal, meski terdapat beberapa perubahan, seperti KERS yang kembali digunakan serta larangan double diffuser, Newey tidak ingin mengambil risiko menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.