Selasa, 16 Agustus 2011

Perbandingan Keamanan iPad dan Tablet Android


iPad-Vs-Android[1]
Dua pilihan paling lazim jika mau menggunakan tablet adalah iPad atau perangkat berbasis Android. Tapi, mana di antara keduanya yang lebih aman?
Costin Raiu, Director, Global Research & Analysis Team, Kaspersky Labs, memberikan pendapatnya dalam konferensi pers online.
Menurutnya, model keamanan yang ada di iPad sebenarnya lebih baik dari Android. Namun, Apple banyak memberikan pembatasan pada perangkat itu, seperti carrier lock dan lainnya.
Adanya pembatasan dari Apple membuat banyak pihak tertarik pada upaya membongkarnya, atau yang lebih dikenal sebagai jailbreak. Padahal, menurut Costin, risiko keamanan lebih besar justru muncul dari jailbreak.
Sedangkan untuk perangkat Android, Costin mengatakan ada masalah dari sisi update sistem operasi yang kurang bisa diandalkan. “Kadang, saat mau update justru perangkat itu crash,” katanya.
Meski demikian, Costin tak mau memberikan satu rekomendasi yang tegas apakah pengguna akan lebih aman memakai iPad atau tablet Android.
“Apa yang bisa kami rekomendasikan adalah, jangan melakukan jailbreak atau root. Jangan menggunakan WiFi publik. Jangan memakai PIN atau password sederhana. Dan jangan menyimpan dokumen rahasia di perangkat itu,” ujarnya.