Selasa, 16 Agustus 2011

Merawat Batere Ponsel Sesuai Tipenya

Batere adalah teman akrab dari ponsel , gunakan baterai sesuai kondisi dan spesifikasi masing-masing tipe batere sehingga akan membuat umur batre menjadi lebih panjang . Berikut adalah Tipe batere ponsel yang sering di pakai Cara Memperbaiki batere hp Merawat Batere Ponsel Sesuai Tipenya
  • NiCD (Nickel Cadmium ) , Batere ini merupakan batere generasi pertama diranah ponsel yang mempunyai kapasitas yang besar dan cocok untuk ponsel lama yang bertenaga besar , untuk pengisiannya bisa sampai 12 jam nonstop . selanjutnya pengisian ulang bisa dilakukan saat dayanya benar-benar habis . Karena batere ini memiliki memory Effect , semakin lama kapasitasnya akan menurun jika pengisian belum kosong.

  • Nimn (Nickel Metal Hybride) , Batere ini merupakan perkembangan teknologi batere Ponsel beratnya lebih ringan dari jenis NiCD , cara cargernya lebih flaksibel, untuk mencargernya tunggu sampai benar-benar kosong , jika terdesak sebaiknya carger tanpa harus menunggu batere benar-benar kosong , setelah penuh bisa tambahkan 30-60 menit untuk memberikan batere untuk melakukan “trickle charge”

  • Li-lon (Lithium lon), Di bandingkan dengan batere sebelumnya tipe ini tanpa disetai dengan memory effect , jadi anda bisa mengisinya tanpa harus menunggu batere habis , namun anda harus mengetahui perawatan khusus.Untuk pengisian awal , lakukan sesuai petunjuk manual / sampai lampu indikator batere menandakan full. untuk mencarger batere ini tidak perlu menunggu batere benar-benar habis dan begitu baterai sudah full langsung di cabut . Batere ini memiliki umur carging jadi setiap kali anda mencarging akan mengurangi umur baterenya

  • Ll-po(Lithium Polymer), ini adalah generasi paling baru batere , keunggulan utamanya adalah sifatnya yang ramah lingkungan untuk perawatannya tidak jauh beda dengan Li-lon namun penanganannya harus hati-hati sifatnya yang “liquid” memudahkan batere ini berubah bentuknya ketika berbenturan benda keras/terjatuh .


Sumber referensi : Majalah HandPHONE