Rabu, 10 Agustus 2011

Brasil Akui Ketangguhan Jerman




Stuttgart - Setelah 18 tahun, Jerman akhirnya meraih kemenangan atas Brasil. Tim Samba pun mengakui kali ini mereka bertekuk lutut dari lawan yang lebih tangguh.

Der Panzer meraih kemenangan 3-2 atas Brasil di Stuttgart, Kamis (11/8/2011) dinihari WIB, melalui sebuah penampilan positif. Kelima gol dalam laga itu sendiri baru lahir di paruh kedua pertandingan.

Bastian Schweinsteiger membawa Jerman memimpin lebih dulu pada menit 61 dari titik putih, sebelum Mario Goetze menggandakan keunggulan enam menit berselang.

Robinho menipiskan ketinggalan Brasil dari tendangan penalti pada menit 72, tetapi Jerman kembali melebarkan jarak lewat Andre Schurrle pada menit 80 sebelum Neymar menutup pertandingan lewat golnya di menit ke-90.

Untuk Jerman hasil tersebut menandai berakhirnya sebuah era: era di mana mereka tidak pernah mencatatkan kemenangan atas Brasil selama 18 tahun.

Brasil yang dipaksa menelan kekalahan pertamanya dari Jerman dalam kurun waktu nyaris dua dekade pun mengakui ketangguhan sang lawan yang juga mencatatkan hasil sempurna--tujuh kemenangan--di fase kualifikasi Piala Eropa 2012.

"Semenjak saya mengambil alih timnas setahun silam, ini adalah kali pertama kami menghadapi sebuah tim yang tampil lebih baik daripada kami selama 90 menit," aku pelatih Brasil Mano Menezes di Reuters.

"Saat ini mereka lebih baik dari kami dan mereka adalah sebuah kekuatan yang jadi tolok ukur. Inilah yang juga harus kami capai, inilah yang mesti kami raih lagi," tegasnya.




( krs / rin )