Minggu, 19 Juni 2011

Yaris Generasi Ketiga Tampil di Eropa

Toyota Motor Corp bakal melengkapi sistem hiburan terkemuka, milik Touch & Go untuk produk Yaris yang dijual di Eropa. Ini merupakan Yaris generasi ketiga yang akan diluncurkan September mendatang.

"Yaris akan menjadi tonggak pengenalan sistem konektivitas multimedia dengan harga terjangkau," kata Toyota, seperti dimuat laman Automotive News, Sabtu 18 Juni 2011.

Sistem Touch & Go ini nantinya akan menjadi perlengkapan standar bagi produk-produk keluaran Toyota. Sistem ini memiliki layar 6.1 inci dengan teknologi layar sentuh dan menawarkan berbagai navigasi, termasuk layanan penghubung dan aplikasi mobile.

Yaris ini akan dibangun di pabrik Toyota Valenciennes di Prancis, pabrik yang selama ini menghasilkan mobil-mobil Toyota untuk Eropa. Yaris akan hadir dalam dua pilihan mesin, 1,0 liter bertenaga 68 HP, serta 1,3 liter berdaya 93 HP.

Dari sisi tampilan, Yaris kali ini berubah total dibanding pendahulunya. Mulai dari front bumper, grill, kap mesin, bodi samping, hingga ke rear bumper dan rear lamp. Semuanya dirancang ulang.

Yaris setidaknya menyumbang 55.030 unit dari 219.789 unit penjualan Toyota di Eropa dalam empat bulan pertama ini. Sedangkan di AS, mobil ini tak begitu laku. Yaris hanya terjual 10.287 kendaraan hingga Mei, turun 50 persen dari lima bulan yang sama tahun 2010. (eh) • VIVAnews