Minggu, 26 Juni 2011

Mendidik Anak Lewat Cerita

Dunia anak adalah dunia yang menarik. Pada dasarnya mereka ada pada taraf berpikir konkrit. Segala sesuatu diajarkan secara nyata, melalui melakukan langsung dan pemberian contoh. Tak hanya mendidik anak dengan kemampuan kognitif tapi juga afektif dan yang paling efektif untuk mengajarkan kemampuan afektif yaitu dengan melalui cerita. Jika kognitif itu bersifat ilmu pengetahuan, mengetahui sebab akibat, atau mengalisis. Maka afektif ini berperan bagi anak untuk menumbuhkan sikap, yaitu sikap yang sesuai dengan harapan orang tua, contohnya menghormati atau sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari, contohnya membiasakan berdoa sebelum makan, mengucapkan salam dan lain sebagainya.


Indonesia Bercerita: Mendidik Anak Lewat Cerita

Muncullah Indonesia Bercerita, yaitu layanan podcast dongeng atau cerita anak. Dengan cerita anak bisa belajar, melalui tokoh yang ada dalam cerita dalam podcast dalam berformat mp3 ini anak akan bisa meniru hal yang baik. Mendidik anak yang paling efektif adalah melalui cerita yang sesuai dengan dunianya. Dunia yang menonjolkan pelajaran-pelajaran melalui alur cerita dengan tokoh-tokoh yang mereka kenal dan dekat dengan dunia mereka.

Di saat Media yang dekat dengan anak secara fisik tak memberikan apa yang dibutuhkan anak, Indonesia Bercerita bisa menjadi sarana mendidik anak lewat cerita yang paling tepat. Program televisi sedikit sekali memberi tayangan yang mendidik untuk anak, Sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab akan pendidikan anak, sudah semestinya memberikan pendidikan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Indonesia Bercerita menyediakan cerita-cerita anak yang dibawakan oleh orang dewasa dengan menarik. Kita bisa langsung mendengarkanya di websitenya atau juga bisa mendownloadnya. Kita perdengarkan pada anak-anak disekitar kita, mengasah kecerdasan emosional, dan spiritual anak melalui cerita. Kita bisa berkunjung ke http://indonesiabercerita.org/ untuk mendaptakn cerita-cerita anak dan mengikuti cerita terbaru yang diposting. Indonesia Bercerita semoga akan mampu mendidik anak untuk lebih memiliki karakter untuk Indonesia yang lebih baik, dan masih banyak program atau kegiatan yang dilakukan oleh Indonesia Bercerita yang masih tak jauh dengan dunia anak dan cerita. Ikuti saja akun twitternya @IDcerita untuk mendapatkan informasi terbaru dari Indonesia Bercerita. Pendidikan untuk semua, dan anak-anaklah investasi masa depan, kalau bukan kita sendiri yang peduli, siapa lagi?



sumber