Selasa, 21 Juni 2011

Irfan Bachdim di Daftar 10 Pemain Potensial Asia



Performa mantap yang diperlihatkan Irfan Bachdim di Piala AFF tak cuma menyita perhatian publik tanah air. Striker berdarah Belanda itu dianggap sebagai salah satu pemain potensial Asia oleh situs olahraga Sport Illustratred.

Nama Irfan Bachdim meroket menyusul keikutsertaannya di Piala AFF 2010 lalu. Menjadi salah satu pemain keturunan yang direkrut masuk timnas, pesepakbola 22 tahun itu membuktikan kalau dia tak cuma punya wajah rupawan karena skill olah bolanya juga sangat baik.

Dua gol yang dibuat Bachdim di turnamen tersebut mungkin belum cukup membuktikan kehebatan pemain kekahiran Amsterdam tersebut. Namun dengan pergerakan dan kemampuan mengkreasikan peluang buat rekan-rekannya menunjukkan kalau dia punya potensi menjadi pemain besar Indonesia.

Bukan cuma publik sepakbola tanah air saja yang ternyata terpikat perhatiannya oleh apa yang ditunjukkan pria bernama lengkap Irfan Haarys Bachdim tersebut. Majalah olahraga asal Amerika Serikat Sports Illustrated, melalui kolumnisnya John Duerden, memasukkan Bachdim dalam daftar 10 pemain Asia yang layak dapat perhatian lebih.

"Setelah penampilannya di Piala AFF 2010, saat Bachdim mencetak gol perdana internasionalnya di Jakarta menghadapi Malaysia, dia mungkin telah menjadi bintang terbesar di sepakbola Asia Tenggara -- terutama di antara para wanita," demikian tulis Duerden dalam kolomnya.

Selain mengomentari soal kemampuan sepakbola Bachdim, Duerden juga menuliskan soal popularitas sang striker. Dengan wajah tampan, tato di beberapa bagian tubuh serta kekasih cantik yang merupakan model lingerie di Jerman, Bachdim disebut sebagai salah satu 'Beckham' lokal Asia.

Sebagai catatan, ini bukan kali pertama Duerden memasukkan nama pesepakbola asal Indonesia ke dalam daftar pesepakbola Asia dengan kemampuan menonjol. Sebelumnya Okto Maniani dapat sanjungan tinggi dan dianggap sebagai salah satu pemain Asia yang layak merumput di Eropa.

10 Pemain Potensial Asia

1. Ahmed Khalil (Uni Emirate Arab/Striker)
2. Yoo Byung-soo (Korea Selatan/Striker)
3. Kensuke Nagai (Jepang/Korea Selatan)
4. Kawin Thamsatchanan (Thailand/Kiper)
5. Zhang Linpeng (China/Bek)
6. Eshan Hajisafi (Iran/Bek)
7. Jong Il Gwan (Korea Utara/Striker)
8. Jeje Lalpekhlua (India/Striker)
9. Naif Hazazi (Arab Saudi/Striker)
10. Irfan Bachdim (Indonesia/Striker)