Senin, 25 Juli 2011

Uruguay Juara Copa America 2011

Sepasang gol Diego Forlan yang menyusul torehan gol Luis Suarez membuktikan kelas Uruguay masih di atas Paraguay. Skor 3-0 pada laga final Copa America 2011, Senin (25/7) WIB, itu sekaligus menahbiskan La Celeste sebagai kampiun Copa America 2011.

Dengan tambahan trofi ini, Uruguay juga resmi menjadi negara sebagai pengoleksi terbanyak gelar juara turnamen terwahid Amerika Selatan itu dengan jumlah 15. Skuad Oscar Tabarez ini mengangkangi tabungan trofi tuan rumah Argentina yang masih tertahan di angka 14.

selebrasi kegembiraan pemain uruguay
Tingginya ambisi Uruguay untuk mengakhiri paceklik trofi Copa America sejak 1995 sekaligus mencatat rekor terlihat jelas sejak wasit Salvio Fagundes asal Brasil membuka pertandingan di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, ini. Bermain lebih menekan, Uruguay langsung mengancam di menit-menit awal. Tapi, tendangan Suarez hanya mengenai sisi samping gawang.

Keadilan seolah ditegakkan buat La Celeste di menit ke-12. Menerima umpan di sisi kanan kotak penalti, Suarez mengecoh pemain bertahan Paraguay sebelum melepas tendangan yang sedikit terdefleksi sehingga mengelabui kiper Justo Villar. Uruguay memimpin 1-0.

Tiga menit sebelum turun minum, Forlan sukses mencatatkan nama di papan skor. Umpan Egidio Arevalo langsung dituntaskan dengan apik oleh striker Atletico Madrid itu lewat tendangan kencang kaki kiri. Ini adalah gol debutnya di Copa America 2011.

Memasuki babak kedua, Los Guaranies berusaha mencari gol untuk penipis skor. Tapi, kokohnya tembok Uruguay membuat Nelson Valdez dan kawan-kawan kesulitan.

Agresivitas Paraguay meninggalkan lubang menganga di wilyah pertahanan. Pada akhirnya, gol Forlan di menit terakhir waktu normal membunuh harapan anak-anak asuhan Gerardo Martino. Penyelesaian menyambut umpan Suarez ini sekaligus mengangkat nama Forlan sejajar dengan Hector Scarone sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Celeste dengan 31 gol. Selamat deh buat Uruguay!



sumber