Senin, 18 April 2011

Chelsea Direkomendasikan Dekati Van Basten

Marco van Basten (AFP/Frank Fife)Beritabola.com London - Chelsea diisukan mulai mencari-cari figur pelatih jika terpaksa memecat Carlo Ancelotti. Meski kabarnya mendekati lagi Guus Hiddink, tapi klub Inggris itu direkomendasikan mendekati Marco van Basten.

Dilansir Dailymail, Minggu (17/4/2011), Chelsea sedang menjajaki kemungkinan memboyong lagi Hiddink ke Stamford Bridge meskipun pelatih bertangan emas itu sedang bekerja untuk tim nasional Turki.

Hiddink adalah contoh sukses instan buat The Blues. Direkrut untuk menggantikan Felipe Scolari di bulan Februari 2009, ia memberi Piala FA pada John Terry dkk. Walaupun di liga hanya finish nomor tiga, tapi semua orang Chelsea sangat berharap Hiddink terus melatih Chelsea.

Hiddink menolak dan melanjutkan pekerjaannya di timnas Rusia, dan tempatnya diisi Ancelotti. Kini Ancelotti dibayang-bayangi pemecatan karena kemungkinan besar takkan memberi trofi apapun di musim ini, setelah musim lalu merengkuh titel liga dan Piala FA.

Sejauh ini Hiddink dilaporkan menolak kembali ke London dan ingin berkonsentrasi untuk meloloskan Turki ke putaran final Piala Eropa 2012. Tapi konon ia merekomendasikan nama Van Basten, yang masih menganggur sejak meninggalkan Ajax pada Mei 2009.

Selain Van Basten, Hiddink juga menyodorkan Frank Rijkaard untuk dijajaki Roman Abramovich. Mantan bintang internasional Belanda itu pernah mengecap sukses besar dengan memberi dua gelar La Liga pada Barcelona, tapi belakangan karirnya belum terdongkrak lagi, termasuk di Galatasaray, di mana ia dipecat pada Oktober tahun lalu.

Kembali ke Hiddink, ia malah disarakan pulang ke Belanda untuk membenahi Ajax. Adalah Johan Cryuff yang menyarankan hal itu, sebagaimana Ajax sedang mencoba bangkit di level Eropa. Jabatan yang ditawarkan pada Hiddink adalah direktur teknis, membantu Frank de Boer sang pelatih.
(dtc/a2s)